Monday, May 18, 2009

* Ya 'Ibaadi *

Ingin berkongsi satu hadith sahih dengan pembaca. Hadith yang sungguh mendalam maknanya hingga adakala tak terselam... Namun tetap bisa difahami meski sekadar berlegar di persisirannya. Cuma mutiara yang tersimpan itu mungkin gagal dicapai. Apapun, kita semua masih lagi diberi peluang untuk menyelam ke dasarnya lantas mengutip satu persatu khazanahnya. Moga kita tidak akan menjadi manusia yang sering melihat tetapi tidak pernah nampak. :)

يا عبادي، إني حرمت الظلم على نفسي، وجعلتع بينكم محرماً، فلا تظالموا. يا عبادي كلكم ضال إلا من هديته فاستهدوني أهدكم. يا عبادي، كلكم جائع إلا من أطعمته، فاستطعموني أطعمكم. يا عبادي، كلكم عارٍ إلا من كسوته، فاستكسوني أكسكم. يا عبادي إنكم تخطئون بالليل والنهار وأنا أغفر الذنوب جميعاً، فاستغفروني أغفر لكم. يا عبادي، إنكم لن تبلغوا ضري فتضروني، ولن تبلغوا نفعي فتنفعوني. يا عبادي، لو أن أولكم وآخركم وإنسكم وجنّكم كانوا على أتقى قلب رجل واحد منكم ما زاد ذلك في ملكي شيئاً. يا عبادي، لو أن أولكم وآخركم وإنسكم وجنّكم كانوا على أفجر قلب رجل واحد منكم ما نقص ذلك من ملكي شيئاً. يا عبادي، لو أن أولكم وآخركم وإنسكم وجنكم قاموا في صعيد واحد فسألوني فأعطيت كل واحد مسألته ما نقص ذلك مما عندي إلا كما ينقص المخيَط إذا أُدخل البحر. يا عبادي، إنما هي أعمالكم أحصيها لكم ثم أوفيكم إياها. فمن وجد خيراً فليحمد الله، ومن وجد غير ذلك فلا يلومن إلا نفسه.


Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya Aku mengharamkan kezhaliman ke atas diri-Ku dan Aku mengharamkannya ke atas kalian. Maka janganlah kalian berlaku zhalim sesama kalian.

Wahai hamba-hambaKu, kalian semua tersesat, kecuali orang yang Aku beri hidayah. Maka mintalah hidayah daripada-Ku. Nescaya Aku berikan hidayah itu kepadamu.

Wahai hamba-hambaKu, kalian semua adalah orang-orang yang lapar. Kecuali orang-orang yang Aku beri makan. Maka mintalah makanan kepada-Ku. Nescaya Aku berikan makanan itu kepadamu.

Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian adalah orang yang tidak berpakaian. Maka mintalah pakaian kepada-Ku. Nescaya aku berikan pakaian itu kepadamu.

Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian semua berbuat dosa di siang dan malam hari dan Aku mengampunkan semua dosa. Maka mintalah pengampunan kepada-Ku. Nescaya aku ampuni kalian semua.

Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian semua tidak akan dapat mendatangkan bahaya bagi-Ku, maka sedikit pun kalian tidak akan membahayakanKu.

Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian tidak mampu mendatangkan sesuatu yang bermanfaat bagi-Ku, maka sedikit pun kalian tidak bermanfaat kepada-Ku.

Wahai hamba-hambaKu, andaikan kalian semua yang awal dan akhir, baik dari bangsa manusia atau jin, bertaqwa seperti orang yang paling taqwa di kalangan kalian, hal itu tidak menambah sedikit pun kepada takhta kerajaan-Ku.

Wahai hamba-hambaKu, andaikan kalian semua yang awal dan akhir, baik dari bangsa manusia atau jin, sejahat orang yang paling jahat di kalangan kalian, hal itu tidak mengurang sedikit pun takhta kerajaan-Ku. 

Wahai hamba-hambaKu, andaikan kalian semua yang awal dan akhir, baik dari bangsa manusia ataupun jin, berdiri di atas satu dataran lalu meminta apapun kepadaKu, lalu Aku penuhi permintaan mereka, hal itu sedikit pun tidak mengurangi kekayaan yang Aku miliki, hanya seperti berkurangnya air samudera ketika dimasuki sebatang jarum jahit. 

Wahai hamba-hambaKu, semua itu adalah perbuatan kalian yang Aku hitungkan untuk kalian, kemudian Aku serahkannya untuk kalian. Maka barangsiapa mendapat kebaikan, hendaklah ia memuji Allah, dan barangsiapa mendapat selain itu, hendaklah ia tidak mencela kecuali dirinya sendiri.

[Hadith Riwayat Imam Muslim]

Jangan sombong dengan Allah okay!

No comments: